Pemuda Bandung Berhasil Mengubah Kulit Ceker Ayam Menjadi Sepatu

Pemuda Bandung Berhasil Mengubah Kulit Ceker Ayam Menjadi Sepatu

Pemuda Bandung, Nurman Farieka Ramdhani pada akhirnya berhasil membuat perubahan kulit ceker ayam jadi bahan baku membawa dampak sepatu yang membawa nilai jual yang begitu tinggi. 

Ide ini kami mengambil dari kami sendiri yang merupakan seorang lulusan politeknik akademi teknologi kulit yogyakarta, katanya berada di bandung.

Ayahnya nurman berkembang dnegan kulit ceker ayam untuk bahan kulit waktu penelitian di balai besar kulit, karet, dan plastik, yogyakarta. 

Namun akhir kemaren ayahya tidak lagi melanjutkan produk ini. Tetapi, Nurman memutuskan untuk meneliti lagi kulit ceker ayam untuk bahan baku. 

Eksperimennya proses selama saru tahun. sejak awal 2017, Nurman jadi berani untuk menampilkan sebuah sepatu kulit ceker ayam yang diberi nama dengan brand hirka shoes. 

Ide tersebut sudah ada 15 tahun yang lalu sejak meneliti, katanya menurut nurman pemanfaatan limbah kulit ceker ayam tersebut juga sebagain kampanye benda tidak terpakai menjadi harga jual yang begitu tinggi.

Bukan hanya ceker ayam gampang ditemukan, pemanfaatannya tidak mengganggu populasi hewan. Berbeda dibanding dengan kulit buaya maupun ular. 

Sebuah sepatu menurut Nurman, perlu kulit berasal dari 22 ceker ayam. Jadi sepasang sepatu perlu dua kali lipatnya. Untuk proses pembuatan sepatu dan pengupasan kulit ceker dijalankan secara manual, sehingga penyelesaian sepasang sepatu waktunya lebih dari sepekan. 

saya suka membuatnya karena ini unik dan belum ada yang membuatnya. 

Untuk jenis kulit ceker ayampun diseleksi. Nurman perlu ayam dengan minimal bobot sebarat dua kilogram, mengenai ini agar kulit ceker yang dihasilkan menjadi besar dan lebar. Supaya tidak memakan waktu banyak produksi. jadi semakin kecil kulit ceker ayam, nanti jadi lama lagi kala untuk memprosesnya sebagai sepatu. 

Kulit ceker ayam di hargakan yaitu 500k sampai 2 juta perpasang. Pelanggan wajib memesan terutama dahulu untuk dijalankan pengukuran karena sistem pembuatannya memadai memakan waktu. ia pun memiliki rencana untuk melebarkan sayap bisnis bersama sebabkan aneka tipe barang berasal dari kuliit ceker ayam.

Comments

Popular posts from this blog

Ekonomi prinsip dasar akuntansi yang perlu diterapkan bagi kita

Pendidikan Tinggi di Skotlandia

12 Pelatihan Digital Marketing